Cara meminimalisir Shadow banned dari Instagram..

Cara meminimalisir Shadow banned dari Instagram..

Shadow banned dari Instagram saat ini mungkin masih jarang kebanyakan orang yang tau, namun efek ini wajib Kamu ketahui kalau kamu bermain Instagram atau Jualan online di Instagram. Agar kamu semakin paham dengan algoritma Instagram yang terbaru ini dan bisa meminimalisir terjadi shadow banned di akun Instagram mu. Berikut cara meminimalisir terjadinya shadow banned :

1. Interaction

Lakukanlah interaksi minimal 1 jam (60 menit) dari interaksi yang muncul.

Sebagai contoh, kalau ada yang berkomentar di postingan kita, dan ingin kita balas/respon, maka balaslah komentar tersebut maksimal 1 jam setelah mereka memberikan komentar.

Karena jika lebih dari 1 jam engagement akan berkurang bahkan tidak akan di hitung sebagai engagement.

2.Fokus Instagram Pada Stories

Anda harus lebih sering update Instagram Stories. Karena, dengan begitu Instagram tidak akan menggangap kita
sebagai robot. Semakin sering update stories maka semakin banyak kesempatan
postingan kita di lihat oleh followers.

3. Hindari Penggunaan Hastag Yang Terlalu Banyak

Jangan gunakan hastag terlalu banyak. Pada umumnya orang mengira dengan membuat hastag yang banyak berpeluang banyak yang melihat postingan kita karena jangkauannya luas. Sebelumnya, sejak Instagram muncul boleh menggunakan hingga 30 hastag, tapi tidak dengan algoritma baru akan dianggap sebagai  spam.

Algoritma baru hanya optimal menggunakan hastag dengan jumlah 5 hastag saja dan selanjutnya jangan menggunakan hastag yang sama untuk postingan berturut-turut.

 

4.Fenomena Ketik Hastag Di Kolom Komentar

Kita pasti pernah menjumpai sebuah postingan yang membuat hastag di kolom komentar, tujuannya agar
caption kelihatan bersih dan tidak terlalu panjang. Tindakan ini tidak berguna dengan algoritma yang baru.
Dengan meletakkan hastag di kolom komentar perlahan tidak akan muncul lagi saat melakukan search hastag.

5.Edit Caption

Kita terbiasa edit caption setelah posting ketika melihat caption yang kita buat terdapat kesalahan. Untuk sekarang mulai hentikan itu dan jangan edit caption postingan kita selama 24 jam setelah posting.

Mungkin ini salah satu algoritma menyebalkan bagi kita yang dilakukan oleh Instagram. Kita sering melakukan edit ketika ada typoatau menambahkan caption yang tertinggal/lupa.

Namun, mulailah untuk mengantisipasi itu dengan mengecek kembali dengan benar sebelum postingan itu di share, karena kalau sudah di edit, Instagram akan menurunkan engagement di postingan kita.

Pastikan di review terlebih dahulu caption yang kita buat sebelum di share.

6.Post dan Me-repost

Banyak dari kita yang juga posting sesuatu, lalu kita hapus dan kembali merepostnya dengan postingan yang sama, maka itu juga akan mengurangi engagement kita.

7. Batasan Harian Dan Di Jam Instagram

Instagram memberikan jumlah batasan interaksi yang boleh di lakukan setiap hari. Lakukan tidak lebih dari 150/hari. Kalian dilarang untuk membuat 60 comment dalam sehari, tidak boleh
follow dan unfollow akun lebih dari 60 per-jam.

Batasan ini di lakukan karena banyaknya user yang melakukan spam dan penggunaan bot yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya batasan-batasan dalam Instagram tentu teknik marketing di Instagram harus di lakukan dengan bijak.

Apa saja sih yang harus dilakukan?

1. Batasan Aman Posting Di Instagram

Postingan adalah hal yang crusial, akun Anda yang terlalu pasif atau terlalu aktif rentan akan Shadow Banned. Dalam sehari posting konten Anda max 10 dengan jeda minimal 90 menit. Jangan posting berantai lebih dari 5 post dalam jeda waktu hanya sekian menit.

Hal tersebut akan menyebabkan akun Anda di blockir sementara (blockir bukanlah Shadow Banned, hanya menahan aktifitas Anda max 1×24 jam).

2. Batasan Hapus Konten Di Instagram

 

Anda kadang merasa bosan dan ingin menghapus konten, perlu Anda tau setiap aktifitas di Instagram memiliki batasan termasuk menghapus konten. Batasan tersebut adalah 50/jam, Anda tidak perlu pusing. Secara otomatis akan terhenti jika Anda sudah melewati limit Instagram.

3. Konten Interaksi

Maksimalkan konten Anda dengan konten yang mengundang interaksi. Semakin tinggi tingkat interaksi pada sebuah akun maka semakin besar potensi produk Anda di lihat lebih banyak oleh followers Anda.

 

4. Follow/unfollow Per-jam

Batasan follow unfollow per-jam adalah 60. Dan di kurangi hampir setiap tahunnya. Karena itu maksimalkan
untuk mem-follow tidak lebih dari 20-30/jam.

5. Batasan Interaksi Per-hari

Setiap hari Instagram membatasi tidak lebih dari 150, batas keseluruhan interaksi mencakup comment,DM, like.

6. Hastag

Pastikan Anda menggunakan hastag yang relevan, misalnya gambar yang Anda post adalah produk Anda, maka hastagyang di gunakan harus berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Jika tidak maka akan terjadi Shadow Banned. Andaharus paham, Shadowtidak akan memberikan notifikasi kecuali akun Anda di banned permanen.

Akan tetapi jika Anda mengalami Shadow Banned otomatis interaksi di akun Andaberkurang secara drastis atau bahkan tidak bisa melakukan interaksi sama sekali.

Gunakan hanya max 5 hastag/post dan pastikan setiap post memiliki hastag yang berbeda.

Setelah Anda sudah paham algoritma terbaru di Instagram pasti Anda makin tertarik kan untuk terjun ke dunia bisnis online.

Nah, di modul selanjutnya ada pembahasan mengenai konsep sebuah akun Instagram loh.

Buat Anda yang masih bingung buat nentuin konsep Instagram Anda.

Anda wajib baca apa saja hal yang bisa Anda jadikan konsep.

Mulai dari membuat foto profile di Instagram, membuat Bio di Instagram, membuat scriptlink, mengatur feed, dan membuat konten.

Jangan Anda kira hal ini tidak penting.

SANGAT PENTING!

Karena dari sebuah konsep, toko online Anda akan lebih dikenal dan mudah di ingat oleh para pembeli.

Pasti mau kan?

 

Semoga bermanfaat, salam sukses dan bahagia selalu

Dari Bro Juven untuk kamu dan keluarga. Amin